Sukseskan Program Kesehatan Nasional, ZA Adakan sosialisasi BPJS Kesehatan di Desa Betung Bedarah Ba

Senin, 23 Mei 2022 | 12:57:51 WIB

Anggota DPR RI Komisi IX Drs. H. Zulfikar Achmad, dan Ka. Kantor BPJS Kesehatan Tebo Eri Naldi Muklis, SE. Saat mensosialisasikan program kesehatan nasional di Desa Betung Bedarah Barat. Minggu, (22/05).
Anggota DPR RI Komisi IX Drs. H. Zulfikar Achmad, dan Ka. Kantor BPJS Kesehatan Tebo Eri Naldi Muklis, SE. Saat mensosialisasikan program kesehatan nasional di Desa Betung Bedarah Barat. Minggu, (22/05).

BUNGOINDEPENDENT.COM,MUARABUNGO - Dalam upaya menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional, anggota DPR RI Komisi IX, Drs. H. Zulfikar Achmad bersama dengan BPJS Kesehatan menyelenggarakan Sosialisasi Program Kesehatan Nasional untuk seluruh warga Desa Betung Bedarah Barat, Kecamatan Tebo Ilir. Mengangkat tema Dengan Gotong Royong, Semua Tertolong, kegiatan dilaksanakan hari Minggu (22/05)

Turut Hadir anggota DPR RI Komisi IX Drs. H. Zulfikar Achmad, Ka. Kantor BPJS Kesehatan Tebo Eri Naldi Muklis, SE., Camat Tebo Ilir, Kades Betung Bedarah Barat Kuspandi, Bpd, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Ketua Lembaga Adat.

"Ini adalah kegiatan yang kami laksanakan Komisi IX dengan mitra kami yakni BPJS Kesehatan. Kita mensosialisasikan tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) seperti BPJS Kesehatan,” kata H. Zulfikar Achmad 

Menurutnya, BPJS Kesehatan ini menjadi penting dalam rangka membantu masyarakat. Bagaimana BPJS Kesehatan ini harus betul-betul bemanfaat bagi kehidupan masyarakat Indonesia, khususnyo warga Desa Betung Bedarah Barat tersebut.

Sementara itu, Ka. Kantor BPJS Kesehatan Tebo Eri Naldi Muklis, SE saat memaparkan materi sosialisasi menjelaskan perbedaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kartu Indonesia Sehat (KIS) serta BPJS Kesehatan.

Ia juga menyampaikan kenapa penting menjadi peserta BPJS Kesehatan, yang jelas katanya kalau terjadi sakit mendadak atau tiba-tiba maka untuk biaya pengobatannya sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan.

"Nah kalau kita tidak menjadi peserta, tiba-tiba jatuh sakit seperti demam berdarah. Maka kita akan kesulitan untuk membayar biaya pengobatannya." Ungkapnya.

"Sesuai denga temanya Dengan Gotong Royong, Semua Tertolong, artinya kita yang sakit dibantu oleh teman kita yang sehat seperti contoh kasus, satu pasien demam berdarah biayanya setara dibantu oleh 80 peserta sehat. Lalu satu pasien operasi sesar, sekitar 135 peserta sehat. Lalu jika ada satu pasien yang sakit kanker, diperkirakan dibantu 1.253 peserta sehat untuk membiayai pengobatannya." Sambungnya.

Terakhir kata Naldi, saat ini peserta sudah banyak diberikan kemudahan dalam pelayanan. Salah satunya sistem pelayanan online.

Dan ia juga memperkenalkan dua program pelayanan online demi memudahkan peserta tersebut.

Selain Pelayanan Administrasi Via Wats App (PANDAWA). BPJS Kesehatan juga memiliki program yang berorientasi untuk memudahkan serta meringankan peserta yang memiliki tunggakan iuran pembayaran. Yaitu dilakukan dengan bertahap atau dicicil.

Adapun syarat dan ketentuan bagi peserta untuk dapat mengikuti Program REHAB yaitu memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan (4-24 bulan).

"Untuk mendaftarkan program ini, peserta bisa mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau melalui call center BPJS kesehatan di 165. Maksimal periode tahapan pembayaran selama 1 siklus program, yakni 12 bulan," katanya.

Kemudian, langkah-langkah mendaftar REHAB BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Pertama, Unduh aplikasi Mobile JKN di Playstore. Buka aplikasi, dan pilih menu program “Rencana Pembayaran Bertahap" Masukkan informasi mengenai kartu BPJS Kesehatan yang diminta. Kemudian Peserta menyetujui syarat dan ketentuan serta hasil simulasi program, 

"Pembayaran tagihan iuran dapat dilakukan melalui kanal-kanal pembayaran yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, dan Pendaftaran Rehab BPJS Kesehatan dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 setiap bulan, kecuali Februari sampai dengan tanggal 27. Apabila peserta sudah melunasi kewajibannya, maka secara otomatis BPJS Kesehatan akan berstatus aktif kembali," pungkasnya.

Dilain pihak Kepala Desa Betung Bedarah Barat Kuspandi saat memberikan sambutan menyampaikan apresiasi kepada Drs. H. Zulfikar Achmad karena dinilai telah memberikan kontribusi besar dan perhatian kepada warga Betung Bedarah Barat.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi sekali dengan Wo Zul yang telah memberikan kontribusi dan perhatiannya kepada warga kami dengan membawa program dari pusat yakni sosialisasi mengenai jaminan kesehatan nasional ini." Ungkapnya. (msn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...