Zulfikar Achmad: Banyak Manfaat Ketika Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:58:31 WIB

BUNGOINDEPENDENT.COM,MUARABUNGO - Anggota DPR RI Komisi IX Drs. H. Zulfikar Achmad mengajak masyarakat yang ada di Dusun Pulau Batu, Kecamatan Jujuhan Ilir khususnya para pekerja bukan penerima upah (BPU) seperti petani kebun karet, sawit, pedagang, dan lainnya untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Ajakan itu disampaikan Drs. H. Zulfikar Achmad dalam kegiatan sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bersama dengan Mitra BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo Sabtu, (21/05).

Disaat sosialisasi, Anggota DPR RI Komisi IX dua periode tersebut menyampaikan kepada warga manfaat apa saja ketika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan

Menurut H. Zulfikar Achmad walaupun, hanya sebagai petani karet, sawit dan pedagang, warga bisa menjadi peserta. Jika menjadi peserta otomatis mendapat jaminan resiko dalam bekerja. Seperti kecelakaan dan kematian.

Bagi warga yang mendaftar, iurannya untuk tiga bulan mendatang kata dia sudah dibayarkan oleh dirinya, setelah itu baru dilanjutkan oleh peserta itu sendiri. Iurannyapun sangat murah, yaitu hanya Rp 16.800 perbulan, dan itu sudah mendapatkan jaminan jika terjadi kecelakaan dan meninggal dunia. "Jadi semua warga harus masuk BPJS Ketenagakerjaan. Supaya kalau meninggal atau terjadi kecelakaan mendapat jaminan," ungkapnya kepada warga.

Sementara itu, Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, Rina Septiana, diawal sosialisasi menyampaikan perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. "Untuk BPJS Ketenagakerjaan, kita memiliki 5 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Pensiun (JP) Jaminan Hari Tua (JHT) dan juga Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)." Jelasnya.

Dan untuk yang didaftarkan sekarang oleh bapak Zulfikar Achmad ini adalah dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm), Iurannyapun sangat murah hanya Rp 16.800. "Iuran per bulan itu lebih murah dari semangkok bakso ya bapak-bapak sekalian," kata Rina saat berinteraksi dengan warga.

Dihadapan warga Rina juga menyampaikan apa saja yang didapat dari dua program BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

"Jadi, kalau untuk program kecelakaan kerja itu yang dilindungi itu mulai dari peserta berangkat dari rumah menuju ke ladang atau dilokasi bekerja sampai kembali lagi ke rumah jika terjadi kecelakaan kerja, maka akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dan misalnya kecelakaan kerjanya itu sampai meninggal dunia maka akan mendapatkan santunan sebesar 48 kali upah atau penghasilan yang dilaporkan terakhir, kalau iuran Rp 16.800 itu Rp 1.000.000 yang upah dilaporkan jadi 48 di kali Rp 1.000.000 = Rp 48.000.000 plus beasiswa anak untuk dua orang dari TK sampai perguruan tinggi sebesar Rp. 174.000.000." ulasnya.

Untuk pembayaran iuran katanya sangat mudah dan bisa dimana saja. Bisa dilakukan di kantor pos, Alfamart, Indomaret, BRIlink serta bisa melalui HP android seperti Mobile Banking, Shopie serta pembayaran link online lainnya yang terkoneksi ke bank-bank yang ada.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muarabungo, Sulistijo Nisita Wirjawan. Kabid Kepesertaan Rina Septiana, Camat Jujuhan Ilir, Datuk Rio Pulau Batu dan Kapolsek Jujuhan. (msn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...