Sosialisasi Germas, ZA; Minta Warga Koto Jayo Terapkan Pola Hidup Sehat

Jumat, 17 Juni 2022 | 23:15:07 WIB

BUNGOINDEPENDENT.COM,MUARABUNGO - Sosialisasi Germas/Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Protokol Kesesehatan/Prokes dan vaksinasi Covid-19 di lakukan Anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Zulfikar Achmad bersama Kementerian Kesehatan/Kemenkes RI, di Dusun Koto Jayo, Kecamatan Tanah Tumbuh, Jum'at (17/06).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Zulfikar Achmad, perwakilan Kemenkes Ri Direktorat Kesehatan Jiwa dr. Herbet Sidabutar, S.PKJ, Dinas Kesehatan Provinsi yang diwakili Kasi PTM dan KESWA Taufiq, Amd.Kep. S.Pd., Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Bungo Mufazoh, S.Kep, Kabid P2P Dinkes Kabupaten Bungo Rahmat Fitri, SKM, MPH., Camat Tanah Tumbuh, Rio Koto Jayo, Babinsa dan Babinkamtibmas serta peserta sosialisasi yang hadir.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Komunikasi Informasi dan Edukasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, berkomunikasi dengan DPR RI dan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten untuk mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Menurut Drs. H. Zulfikar Achmad anggota Komisi IX DPR RI dua periode tersebut terkait Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Ia menambahkan, aksi atau kegiatan Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan memberikan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Secara umum, lanjutnya, tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat, sehingga memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang.

“Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit. Jadi kita lebih baik mencegah daripada mengobati, untuk itu mari kita terapkan pola hidup sehat dalam diri kita sendiri" tegasnya.

Dinas Kesehatan Provinsi yang diwakili Kasi PTM dan KESWA Taufiq, Amd.Kep. S.Pd., mengatakan bahwa sosialisasi ini diperlukan karena saat ini masyarakat dihadapkan pada masalah yang bertukar pola. "Dulu penyebab kematian adalah penyakit yang menular, sekarang tidak menular (PTM) seperti hipertensi, stroke dan diabetes justru menjadi penyebab kematian yang tinggi. Ini akan mengancam pola hidup sehat di masyarakat.

Adapun sasaran kegiatan sosialisasi ini adalah ratusan orang warga dan toko masyarakat yang dipandang mampu menjadi penggerak bagi upaya pemanfaatan program Germas, pesertanya yang terdiri dari berbagai sektor antara lain staf Puskesmas Kecamatan, Masyarakat Umum, Pemangku Kepentingan Tim Penggerak PKK Kecamatan, Dusun, Tokoh Masyarakat/Agama, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. 

Sosialisasi ini disambut dengan antusias oleh para warga yang penuh semangat memberikan masukan, saran dan kritik terhadap Program Germas dengan pola hidup sehat tersebut. (msn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...