Melalui BPJS Ketenagakerjaan Staf DPR RI Komisi IX Serap Aspirasi Masyarakat

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:29:08 WIB

BUNGOINDEPENDENT.COM,MUARABUNGO - Mewakili anggota DPR RI Komisi IX Paisal, SH., MH. Hadir ditengah tengah masyarakat Dusun Pasar Embacang dalam kegiatan sosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan salah satu program mitra kerja Anggota DPR RI Drs. H. Zulfikar Achmad komisi IX Fraksi Demokrat Dapil Jambi, Sabtu (18/06).

Anggota Komisi IX DPR RI IX Drs. H. Zulfikar Achmad melalui staf ahlinya Paisal, SH., MH. dalam kegiatan sosialisasi ini mengatakan, peserta yang hadir pada acara tersebut merupakan para tenaga kerja Bukan Penerima Upah (BPU) atau perorangan, untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian.

"Jadi peserta merupakan pekerja bukan penerima upah atau perorangan. Seperti, pedagang di pasar atau penjual sayur, Serta petani atau pekebun. Mereka lebih jarang termasuk asuransi jiwanya," ucapnya.

Menurutnya dengan iuran sebesar Rp 16.800 jika terjadi resiko kecelakaan atau meninggal dunia mendapat Rp 42 juta. Yang diterima oleh ahli waris peserta.

"Kegiatan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan ini, karena sangat banyak manfaatnya. Semoga kedepan semakin banyak yang ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan." Tutupnya.

Dalam penyampaian sosialisasinya, Paisal juga menyampaikan permohonan maaf dari bapak Drs. H. Zulfikar Achmad yang tidak sempat hadir ditengah-tengah warganya, dikarenakan ada hal pekerjaan di Senayan yang tidak bisa ditinggalkan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo melalui Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, Rina Septiana menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan sinergitas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo bersama mitra kerja anggota DPR RI Komisi IX dari Partai Demokrasi Drs. H. Zulfikar Achmad. dalam sosialisasi terkait manfaat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja bukan penerima upah atau perorangan.

"Yang dimaksud pekerja bukan penerima upah, seperti bekerja sendiri berwiraswasta dan mendapatkan penghasilan. Mereka bisa mendapatkan perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Dikatakan Rina bahwa dalam kegiatan sosialisasi ini, kami memberikan edukasi kepada warga terkait ada 3 program BPJS Ketenagakerjaan yang ditawarkan kepada warga Kabupaten Kediri dan banyak manfaat.

"Salah satunya, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian serta Jaminan Hari Tua. Dari tiga program tersebut bisa menjadi perlindungan bagi para pekerja bukan penerima upah atau perorangan seperti pekerja wiraswasta, " jelasnya.

Lanjut Rina bahwa bagi peserta yang ikut menjadi peserta Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian cukup mendaftar dan membayar iuran sebesar Rp 16.800 per bulan. Jika peserta ingin ikut Jaminan Hari Tua peserta hanya menambah biaya iuran Rp 20.000 per bulan. 

"Jadi kalau ikut 3 program sekaligus dari BPJS Ketenagakerjaan peserta hanya membayar sebesar Rp 36.800 per bulan," jelasnya.

Rina juga menambahkan, bagi peserta yang ikut program jaminan kecelakaan kerja pada saat mengalami kecelakaan kerja. Mulai dari perawatan sampai penyembuhan yang akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan, program jaminan kematian sendiri akan diberikan kepada ahli waris peserta yang mengalami risiko meninggal dunia pada saat dia aktif menjadi peserta.

“Santunan yang diberikan kepada ahli waris sebesar Rp 42 juta. Jadi dengan iuran yang sangat terjangkau mulai Rp 16.800 tapi manfaat yang diberikan pemerintah melalui program BPJS Ketenagakerjaan sangat optimal,” ungkapnya.

Dan yang terakhir, Dikatakan Rina bahwa program menjamin hari tua kalau peserta ikut program ini bisa diibaratkan seperti menabung untuk hari tua nanti.

"Kami berharap setelah dilakukan kegiatan sosialisasi ini para peserta sosialisasi bisa langsung mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dan untuk pembayaran iuran bisa melalui teller bank, kantor pos, BRI Link, BNI, ShopeePay, toko pedia, LinkAja dan aplikasi online lainnya," pungkasnya. (msn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...