Terharu, Darham Wahid Sekretaris Yayasan UMB Lulus Program Doktor

Minggu, 26 Juni 2022 | 12:03:03 WIB

Dr. Darham Wahid, S.Pd., M.Pd. Saat mendengarkan detik-detik pengumuman hasil sidang Disertasinya dari Tim Penguji, Selasa 21 Juni 2022 lalu. Photo bawah, Darham Wahid bersama istri, keluarga dan para guru besar Fakultas Ekonomi UNJA sekaligus Tim Penguji.
Dr. Darham Wahid, S.Pd., M.Pd. Saat mendengarkan detik-detik pengumuman hasil sidang Disertasinya dari Tim Penguji, Selasa 21 Juni 2022 lalu. Photo bawah, Darham Wahid bersama istri, keluarga dan para guru besar Fakultas Ekonomi UNJA sekaligus Tim Penguji.

BUNGO-INDEPENDENT.COM, JAMBI – Salah satu tokoh akademisi Kabupaten Bungo, Darham Wahid, S.Pd.,M.Pd. berhasil memperoleh gelar Doktor. Darham dikenal sebagai Dosen Universitas Muarabungo(UMB) sekaligus Sekretaris Yayasan Pendidikan Mandiri(YPM) Muara Bungo yang menaungi Universitas Muarabungo.

Darham berhasil mempertahankan Disertasinya dalam sidang terbuka Promosi Doktor pada Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi(UNJA), Selasa 21 Juni 2022 lalu.

Disiarkan secara live oleh penyelenggara, Darham mempertahankan disertasinya berjudul: Pengaruh Koordinasi Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Motivasi Pelayanan Public dan Komitmen Organisasi Sebagai Variable Intervening di Pemerintahan Kabupaten Bungo.

Sidang Terbuka dipimpin oleh Ketua Sidang, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (UNJA), Dr. H. Junaidi, SE. Sekretaris Sidang, Dr. H. Zamzami, SE., M.Si. Penguji Bidang Konsentrasi Eksternal dari Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. H. Yasri, SE., M.S.

Lalu sebagai Promotor, Prof. Dr. Johanes, S.E., M.S. Co. Promotor, Dr. Drs. Syahmardi Yacob, MBA. Sementara dua penguji yaitu Prof. Dr. H. Syamsurizal Tan, S.E., M.A. dan Dr. Shofia Amin, S.E., M.S.

Di penghujung sidang yang juga disaksikan oleh istri, keluarga, mahasiswa dan kolega secara virtual, Darham dinyatakan lulus oleh Tim Penguji. Sekaligus memperoleh predikat sangat memuaskan dengan nilai rata-rata 81. 

Darham tampak tak kuasa menahan tangis saat mendapat kesempatan berbicara di hadapan para penguji di dalam ruang sidang. Darham mengungkapkan rasa syukur dan harunya. Bahwa gelar Doktor yang dia sandang saat ini, nyaris mustahil dia raih.

Sebab, dia menapaki langkah yang berliku dan penuh tantangan saat menempuh program doctor tersebut. Dia mendapat cobaan berat yang membuat kehidupannya sangat terbatas. Mengalami sakit keras ber bulan-bulan. Lalu, dia juga mendapat cobaan berat mengalami sakit mata hingga operasi. Bahkan salah satu bola matanya tak lagi bisa berfungsi. Kondisi itu membuat dia kesulitan membaca dan menyusun disertasi.

Darham memang dikenal sosok yang cerdas dan pekerja keras. Dia menapaki langkah yang panjang dan tak mudah jelang memperoleh gelar Doktor tersebut. 

Anak ke-5 dari delapan bersaudara dari Pasangan ayah Abdul Wahid dan ibu Rugayah ini Lahir di Desa Pedukun, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi pada 27 November 1960 lalu. Dia menikahi wanita idaman Rosmita, S.Pd.

Dari hasil pernikahan itu, Darham memiliki tiga putra putri sekaligus tiga menantu. Yaitu Firmansyah, S.Ip dan menantu Wiwid Mardiana. Aristo Juliarta, S. Kom dan menantu Mira Bila, S. AB. Terakhir dr. Yulia Ovina dan menantu dr. Mu’tamar. Hingga saat ini Darham juga sudah dikaruniai lima orang cucu.

Darham mulai menempuh pendidikan formal di kampung halaman, Sekolah Dasar Negeri(SDN) Tanah Tumbuh Tahun    1967-1973. Lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri(SMPN) Tanah Tumbuh 1974-1976. Selanjutnya Darham muda bercita-cita menjadi guru, niat itu dimulai dengan menempuh pendidikan Sekolah Pendidikan Guru(SPG) Negeri Jambi 1978-1981.

Tak cukup sebatas itu, Darham muda yang mencintai ilmu lalu melanjutkan study ke perguruan tinggi. Dia menempuh pendidikan Diploma Satu (D1) Jurusan Matematika UNJA Tahun 1982. Lalu dilanjutkan ke Diploma Dua(D2) Matematika Universitas Terbuka (UT) 1985-1986.   Kemudian diakhiri program Diploma Tiga (D3) Matematika UT 1996-1998.

Tak puas sebatas gelar Diploma, Darham kembali melanjutkan study ke Program Strata Satu(S1), dia mengambil program Ilmu Pendidikan di STKIP YPM BANGKO 1993-1996. Usai program S1, Darham lalu melanjutkan ke program S2 Program Study(Prodi) Konsentrasi Administrasi Pendidikan Konsetrasi Manajemen SDM IKIP Padang 1996-1999.

Meskid sudah bergelar S2, Darham belum puas. Lalu dia menyempurnakan gelar akademisnya dengan mengambil program S3 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Tahun dimulai tahun 2018 lalu hingga lulus bergelar Doktor 21 Juni 2022.

Sejauh ini, Darham juga tercatat memili karya. Yaitu, Tahun 2006 lalu mengurus berdirinya UMB di bawah pembinaan Drs.H. Zulfikar Achmad, sebagai Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo dan bapak H. Usman Hasan, SH., M.Si. Sebagai Ketua Yayasan.(*)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...