Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sukses Gelar Lomba Bertutur

Senin, 18 Juli 2022 | 20:29:18 WIB

Wabup Bungo H Safrudin Dwi Aprianto ketika meninjau Kantor Perpustakaan Bungo. Photo bawah Kepala Dinas, para Kabid dan pemenang lomba.
Wabup Bungo H Safrudin Dwi Aprianto ketika meninjau Kantor Perpustakaan Bungo. Photo bawah Kepala Dinas, para Kabid dan pemenang lomba.

Berikut Pemenang Menjadi

Duta Bungo ke Provinsi Jambi 

BUNGO-INDEPENDENT.COM, MUARABUNGO - Lomba Bertutur Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Bungo tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bungo bertema: "Menumbuh Kembangkan Kegemaran Membaca dengan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Karakter Serta Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa", berjalan sukses.

Kegiatan yang berpusat di halaman kantor setempat dibuka oleh Wakil Bupati (Wabub) Kabupaten Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd dihari oleh utusan Dinas Pendidikan, Camat , perwakilan peserta se Kabupaten Bungo dan tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Wabup  mengatakan minat baca masyarakat  Kabupaten Bungo bahkan Indonesia saat ini semakin menurun, Gegara game di Henphone terus menjamur. Kondisi ini tidak terjadi di kota bahkan sudah merambah ke pelosok desa terpencil.

" Melihat data dari BPS 2021 tercatat sebanyak  98, 92 persen orang di Indonesia 270 juta lebih memiliki kemampuan membaca dan menulis. tapi masalahnya rendahnya minat untuk membaca, tercatat hanya  0,001 persen artinya dari 1000 orang hanya satu orang suka baca. Kondisi ini juga termasuk Kabupaten Bungo," ujar Wabup.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bungo Ir. Suryawani, dalam sambutannya menyampaikan dimana lomba bertutur merupakan program rutin tahunan di dinas yang ia pimpin. Meskipun Kurun dua tahun   belakangan hanya digelar secara virtual karena wabah Covid-19.

Peserta lomba bisa memilih  enam judul cerita rakyat Kabupaten Bungo.Namun,   juga diberikan kesempatan membawa cerita Rakyat dari daerah masing-masing. mereka berhasil menjadi terbaik  mendapat sertifikat dan uang binaan dari dinas perpustakaan. Sekaligus juga menjadi duta kabupaten diajang yang sama tingkat Provinsi Jambi.

Selanjutnya,  lomba bertutur bertuan menumbuhkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan buku. Kemudian mengangkat dan mempopulerkan buku cerita daerah yang mengandung nilai-nilai kehidupan serta membangun karakter bangsa.

"Secara ideal ya kita menyiapkan generasi yang berkepribadian. Karena yang kita angkat adalah cerita lokal, cerita rakyat sehingga kepribadian mereka akan terbentuk sebagai kepribadian yang menganut azas Pancasila dan berkarakter. Disamping itu juga melatih anak-anak untuk bisa menyampaikan apa yang ada di dalam pikirannya ke orang-orang yang ada di sekitarnya," fungkasnya.

Berikut peserta berhasil meraih juara menjadi duta besar tingkat Provinsi Jambi dan besaran uang binaan dari Perpustakaan dan arsip daerah Kabupaten Bungo. 

Juara 1, Jazira El Qisthi dari SDN 144 BungoJuara 1 dengan uang binaan diproleh Rp 1.250.000.Juara 2, Clara Amelia dari SDN 104 Sungai  Pinang uang binaan Rp  1.000.000 dan 

Juara 3, Rasti Ananta dari SDN 101 Ma.Bungo dengan uang binaan Rp850.000.

Selanjutnya, Harapan 1, M.Fahri Asrora Z, dari MI Raudatul Ma'arif juga diberikan uang binaan Rp  750.000.Harapan 2, Cyla Athifah Agusri, dari SDN 81 Bungo uang binaan Rp 500.000 dan harapan 3, M.Rafa Sugara, dari SDN 108 Perumnas juga mendapat uang binaan Rp 300.000.(asn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...